JENIS-JENIS BISNIS USAHA WARALABA


JENIS-JENIS BISNIS USAHA WARALABA



Waralaba merupakan sebuah jenis hubungan kerja yang memiliki kontrak atau perjanjian antara pemilik utama waralaba atau (franchisor) dan penerimausaha (franchisee). Pelaksanaan dari bisnis waralaba biasanya adalah kegiatan pertukaran uang dengan perjanjian kontrak agar dapat menjalankan bisnis yang sama dengan franchisor dalam jangka waktu tertentu.

Usaha bisnis waralaba kini kian marak di kalangan masyarakat Indonesia. Jenis usaha yang ditawarkannya pun beragam,mulai dari menjual makanan dan minuman,menjual suatu jasa dan masih banyak lagi. Usaha ini banyak diminati karena mempunyai banyak kelebihan.Salah satunya yaitu,usaha mudah dicari, karena pebisnis yang terdahulu sudah banyak yang membuka usaha waralaba, kemudian usahanya pun sudah berkembang pesat bahkan mencapai kata sukses. Tak heran jika masyarakat Indonesia telah banyak yang menjalankan suatu usaha bisnis ini.

Selain mudah didapatkan,usaha bisnis waralaba ini pun memiliki jenis usaha yang beragam.Nah,disini saya akan menjelaskan sedikit tentang jenis jenis bisnis usaha waralaba,antara lain sebagai berikut:

Ø Usaha Bisnis Waralaba Ditinjau dari Asalnya
  1. Waralaba berasal dari dalam negeri, Waralaba ini berasal dari dalam negeri.Waralaba jenis ini pun juga termasuk dalam salah satu pilihan invesatasi bagi orang-orang yang ingin menjadi penggusaha cepat namun orang tersebut tidak memiliki pengethuan cukup mengenai awal dan kelanjutan usaha oleh pemilik waralaba.
  2. Waralaba berasal dari luar negeri, Dari namanya saja kita pasti tahu,bahwa usaha ini tidak berasal dari dalam negeri kita, melainkan berasal dari luar negeri. Waralaba ini cederung lebih disukai oleh masyarakat, alasannya sistem yang berlaku lebih jelas, diluar dari itu merek-merek perusahaan sudah diterima oleh orang-orang dari seluruh penjuru dunia dan tentunya dinilai lebih bergengsi dibandingkan produk lokal.

Ø Usaha Bisnis Waralaba Ditinjau dari Kriteria atau Jenis Produk yang Ditawarkan

  1. Waralaba Produk,Waralaba ini biasanya lebih menawarkan suatu usaha atau produk dalam bentuk barang,seperti makanan dan minuman.Jenis usaha ini pun sangatlah sudah marak dan tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia.Jenis ini pundapat di katakan jenis usaha waralaba yang paling di tekuni. Selain mudah untuk dijalankan,usaha ini pun bisa mendapatkan keuntungan, karena menjual makanan,dimana makanan sangatlah disukai masyrakat Indonesia.
  2. Waralaba Jasa, Waralaba ini lebih menawarkan suatu usaha dalam bentuk layanan jasa yang akan di keluarkan. Usaha ini pun juga berjalan lancar di Indonesia. Contoh:jasa kurir,ojek online, jasa pendidikan dll.
  3. Waralaba Gabungan, Waralaba ini biasanya menawarkan suatu usaha dalam bentuk gabungan antara waralaba produk (menawarkan usaha berupa barang) dengan waralaba jasa (menawarkan usaha berupa jasa). Usaha ini pun juga berkembang di Indonesia. Banyak yang telah melakukan dan menggelutinya.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAKET USAHA WARALABA 1 MODAL 2 USAHA

PELUANG USAHA WARALABA ES TEH SEGAR ARBAIN

MEMILIH USAHA WARALABA YANG TEPAT