PERKEMBANGAN WARALABA DI INDONESIA
PERKEMBANGAN WARALABA
DI INDONESIA
Waralaba adalah satu cara mengembangkan usaha diantara beberapa cara
bisnis yang lainnya misalnya dengan membuka cabang atau menjalin kemitraan, Asosiasi
Franchise Indonesia juga menyatakan bahwa franchise adalah “suatu sistem
pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek
(franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan
bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan
sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu”.
Untuk usaha bisnis waralaba itu
sendiri dimulai pada tahun 1800-an di Inggris ketika system tied house
digunakan oleh pembuat bir untuk memasarkan produk mereka.Ide tersebut kemudian
diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1851 oleh perusahaan mesin jahit
singer untuk memperluas jaringan pemasaran mereka dan perbaikan mesin jahit
mereka kepada konsumennya kemudian ide franchising ini dimatangkan kembali oleh
General motor pada tahun 1898 dengan menggunakan sistem “Independent business”
untuk meningkatkan penjualan dan jaringan distribusi tanpa mengeluarkan banyak
uang dan cara ini kemudian diikuti beberapa perusahaan ternama.
Usaha bisnis waralaba di
Indonesia dapat ditelusuri jauh awal tahun 1980 ketika itu ada 6 perusahaan
yang menggunakan waralaba sebagai strategi pemasaran produknya , Hingga tahun 2000,
usaha bisnis waralaba asing masih ingin masuk ke Indonesia. Hal itu
disebabkan kondisi ekonomi dan politik yang belum stabil ditandai dengan
perseteruan para elit politik. Barulah pada 2003, usaha bisnis waralaba di
tanah air mengalami perkembangan yang sangat pesat dan berkembang menjadi
banyak sekali usaha franchise/waralaba dengan produk yang ditawarkan beraneka
ragam bahkan unik.
Perkembangan bisnis waralaba di tanah air saat ini
semakin pesat jika dahulu hanya didominasi perusahaan waralaba asing
saja maka saat ini perusahaan lokal kita juga menunjukan kekuatan
bisnis waralabanya
, jika dulu kita hanya mengenal beberapa fast food asing maka sekarang banyak
juga kita jumpai bisnis fast food (makanan cepat saji) yang berasal dari
dalam negeri yang menjalankan bisnisnya dengan konsep waralaba bahkan
ada beberapa bisnis waralaba yang mengusung makanan tradisional
bahkan mengembangkan bisnisnya dibeberapa negara, jika saja anda
berkesempatan untuk datang pada saat pameran waralaba maka
banyak kita jumpai beberapa bisnis lokal yang baru bermunculan baik dari
industri makanan, jasa pendidikan maupun otomotif dengan semakin tingginya
perkembangan bisnis waralaba ditanah
air diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan
dan pendapat negara melalui pajak yang dibayarkan para pelaku bisnis waralaba
di tanah air
Komentar
Posting Komentar