PERKEMBANGAN WARALABA DI INDONESIA


PERKEMBANGAN WARALABA DI INDONESIA


Waralaba adalah satu cara mengembangkan usaha diantara beberapa cara bisnis yang lainnya misalnya dengan membuka cabang atau menjalin kemitraan, Asosiasi Franchise Indonesia juga menyatakan bahwa franchise adalah “suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu”.

Untuk usaha bisnis waralaba itu sendiri dimulai pada tahun 1800-an di Inggris ketika system tied house digunakan oleh pembuat bir untuk memasarkan produk mereka.Ide tersebut kemudian diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1851 oleh perusahaan mesin jahit singer untuk memperluas jaringan pemasaran mereka dan perbaikan mesin jahit mereka kepada konsumennya kemudian ide franchising ini dimatangkan kembali oleh General motor pada tahun 1898 dengan menggunakan sistem “Independent business” untuk meningkatkan penjualan dan jaringan distribusi tanpa mengeluarkan banyak uang dan cara ini kemudian diikuti beberapa perusahaan ternama.

Usaha bisnis waralaba di Indonesia dapat ditelusuri jauh awal tahun 1980 ketika itu ada 6 perusahaan yang menggunakan waralaba sebagai strategi pemasaran produknya , Hingga tahun 2000, usaha bisnis waralaba asing masih ingin masuk ke Indonesia. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi dan politik yang belum stabil ditandai dengan perseteruan para elit politik. Barulah pada 2003, usaha bisnis waralaba di tanah air mengalami perkembangan yang sangat pesat dan berkembang menjadi banyak sekali usaha franchise/waralaba dengan produk yang ditawarkan beraneka ragam bahkan unik.

Perkembangan bisnis waralaba di tanah air saat ini semakin pesat jika dahulu hanya didominasi perusahaan waralaba asing saja  maka saat ini  perusahaan lokal kita juga menunjukan kekuatan bisnis waralabanya , jika dulu kita hanya mengenal beberapa fast food asing maka sekarang banyak juga kita jumpai bisnis fast food (makanan cepat saji) yang berasal dari dalam negeri yang menjalankan bisnisnya dengan konsep waralaba bahkan ada  beberapa bisnis waralaba yang mengusung makanan tradisional  bahkan  mengembangkan bisnisnya dibeberapa negara, jika saja anda berkesempatan untuk  datang pada saat pameran waralaba maka banyak kita jumpai beberapa bisnis lokal yang baru bermunculan baik dari industri makanan, jasa pendidikan maupun otomotif dengan semakin tingginya perkembangan bisnis waralaba ditanah air diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapat negara melalui pajak yang dibayarkan para pelaku bisnis waralaba di tanah air



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAKET USAHA WARALABA 1 MODAL 2 USAHA

PELUANG USAHA WARALABA ES TEH SEGAR ARBAIN

MEMILIH USAHA WARALABA YANG TEPAT