ISTILAH DALAM USAHA BISNIS WARALABA


ISTILAH DALAM USAHA BISNIS WARALABA


Untuk kalian para pemula bisnis harus tau istilah-istilah dalam usaha waralaba. Agar kalian tau informasi-informasi yang ada dalam usaha wralaba itu. Waralaba yaitu salah satu model bisnis yang banyak dilirik oleh para pengusaha saat ini, baik itu pebisnis baru/ pemula ataupun pebisnis yang sudah berpengalaman. Konsep bisnis usaha waralaba ini sangat memungkinkan seseorang yang memiliki modal tapi tidak berpengalaman dalam membangun bisnis sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan.

Usaha bisnis kali ini merupakan usaha yang sedang berkembang pesat di kalangan masyarakat Indonesia, entah itu muda ataupun tua. Hampir kebanyakan orang bahkan telah memiliki dan menjalankan usaha ini. Selain menguntungkan jika dilakukan secara sungguh-sungguh, usaha bisnis kali ini juga mudah dalam menjalankan dan mendapatkannya. Anda tak perlu repot-repot membangun usaha bisnis dari nol, anda cukup membeli usaha dari seorang pengusaha yang sudah sukses, kemudian mengembangkannya. Berikut istilah yang ada dalam usha bisnis waralaba, antara lain sebagai berikut:

a.       Franchise (Waralaba)
Franchise (waralaba) adalah suatu strategi pengembangan produk, jasa atau teknologi yang saling berkerjasama secara erat antara perusahaan baik secara hukum maupun financial dan independen yaitu franchisor (pemberi waralaba) dan franchisee ( penerima waralaba).

b.      Franchisor (Pemiik Waralaba)
Franchisor (pemberi waralaba) memberikan kepada franchisee hak untuk menggunakan kekayaan intelektual yang dimilik franchisor dan berkewajiban mematuhi peraturan yang berlaku.  Franchisor sebagai pemimpin perusahaan yang harus memiliki keahlian dan kompeten dan menghindari tindakan tanpa pertimbangan matang. Franchisor juga memberikan teknik secara berkesinambungan, sesuai dengan kontrak franchise tertulis.

c.       Franchisee (Pembeli Waralaba)
Franchisee, dalam memberikan kontribusi keuangan/finansial, baik secara langsung dan tidak langsung, metode dan teknik komersial, prosedur, dsb. Franchisee disini sebagai seorang yang menawar dan membeli usaha dari seorang pewaralaba atau orang yang menjual usahanya. Franchisee cukup membeli, kemudian akan mendapatkan beberapa aturan dan pengetahuan mengenai waralaba, lalu mengembangan usaha sampai menguntungkan.

d.      Initial service
Jasa-jasa pendahuluan, berupa jasa atau kemampuan anda dalam menjalankan usaha bisnis anda. Waralaba juga membutuhkan jasa, diantaranya jasa dalam pengantaran bahan baku, jasa untuk servise (perbaikan) dll.

e.       Continuing service
Jasa terus-menerus. Dikarenakan usaha waralaba juga membutuhkan modal yang cukup agar bisa berkembang. Anda harus mempunyai modal yang cukup untuk mengembangkan usha anda agar selalu berkembang dan menguntungkan anda sendiri.

f.        Initial fee
Biaya keseluruhan item untuk membuka usaha bisnis. Maka dari itu, sebelum anda membeli suatu usaha waralaba, anda diharuskan untuk menyiapkan modal yang cukup. Dengan modal yang cukup, maka anda akan mendapatkan usaha yang anda inginkan.

g.      Frenchise fee
Biaya yg menutupi jasa frenchisor.

h.      Continiung fee
Biaya akan jasa frenchisor nantinya yg secara terus-menerus

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAKET USAHA WARALABA 1 MODAL 2 USAHA

PELUANG USAHA WARALABA ES TEH SEGAR ARBAIN

MEMILIH USAHA WARALABA YANG TEPAT